Menjaga kebersihan daerah kewanitaan merupakan hal yang penting selain merawat kulit wajah dan tubuh, apalagi saat menstruasi. Perlu diketahui bahwa saat ‘red days’, area kewanitaan menjadi rentan infeksi, iritasi, dan gatal. Tentunya selain pemilihan pembalut yang baik dan benar, kita butuh pembersih kewanitaan. Tapi ternyata, pembersih kewanitaan yang biasanya digunakan sehari-hari aja ga cukup lho! Kita butuh pembersih kewanitaan yang khusus untuk mengatasi resiko infeksi saat menstruasi, yaitu Betadine Feminine Hygiene.

Nama Betadine sendiri sudah sangat akrab dengan konsumen Indonesia, bahkan menjadi kata generik untuk menggantikan ‘obat merah’. Aku sekeluarga sudah mempercayakan Betadine untuk mengobati luka atau memar dari jaman aku masih kecil. Tapi selain obat luka, Betadine juga punya range produk lainnya lho! Salah satunya yaitu Betadine Feminine Hygiene, pembersih kewanitaan ini aku percayakan menjadi temanku pada saat menstruasi

Kenapa harus Betadine Feminine Hygiene? Bukannya sabun pembersih kewanitaan semuanya sama aja ya? Eits salah banget, Betadine Feminine Hygiene memiliki kandungan zat aktif Povidone-Iodine 10% yang sudah terbukti secara efektif membunuh kuman, bakteri, jamur, dan virus penyebab keputihan, gatal, iritasi, dan bau tak sedap. Pembersih kewanitaan ini bisa digunakan 2 kali sehari saat mandi selama menstruasi. Yup, sebaiknya menggunakan pembersih kewanitaan hanya pada saat diperlukan saja, seperti saat menstruasi, setelah waxing, traveling, berenang di tempat umum/pantai, atau keluhan lain seperti keputihan, gatal, atau iritasi.

Untuk teskturnya sendiri mirip dengan obat luka Betadine, cair dan warnanya merah pekat. Aromanya pun agak mirip dengan obat luka, tapi bedanya Betadine Feminine Hygiene aromanya lebih fresh seperti ada sentuhan aroma mint.

Penggunaan Betadine Feminine Hygiene cukup berbeda dengan pembersih kewanitaan lainnya. Caranya campurkan 1 tutup botol Betadine Feminine Hygiene dengan 1 liter air, kemudian basuh area miss V dari arah depan ke belakang. Diamkan selama 60 detik dan bilas dengan air. Gampang kan?

Selama ‘red days’, aku menggunakan Betadine Feminine Hygiene secara rutin setiap aku mandi. Dibandingkan dengan sabun atau pembersih kewanitaan lainnya, aku merasa miss V menjadi lebih bersih dibandingkan dengan memakai produk lain. Ada beberapa sabun atau pembersih kewanitaan yang setelah digunakan membuat kulit di sekitar miss V menjadi kering kesat ataupun licin. Kalau licin rasanya kayak sabun atau pembersih kewanitaannya belum dibilas sampai bersih, ga nyaman banget deh. Justru kalau kering kesat bisa membuat gesekan diantara kulit dan jadinya iritasi. Nah kalau pake Betadine Feminine Hygiene ini ga membuat kulit jadi kering ataupun licin lho!

Pro:
+ Mudah digunakan
+ Membuat area miss V menjadi bersih
+ Ga kering ataupun licin setelah pemakaian

Con:
- Karena teksturnya cair, pemakaiannya jadi agak boros :)

Menurutku Betadine Feminine Hygiene merupakan toiletries wajib selama menstruasi dan traveling, apalagi kalau pergi ke negara yang ga menyediakan bidet di toiletnya. Kalau kamu penasaran dengan pembersih kewanitaan ini, kamu bisa dapatkan di supermarket, minimarket, ataupun drugstore terdekat di kotamu. Betadine Feminine Hygiene hadir dalam ukuran 60 ml dengan kisaran harga sekitar IDR 30,000.

Thank you for reading, have a nice day! ;)