Pasti pada kaget kan kenapa kali ini aku ngomongin investasi? Bagi risk taker dan penganut YOLO sejati, aku sama sekali ga pernah mikir untuk punya tabungan. Buat apa? Masa depan? Emang hidup eug bakal lama? Nikah? Emangnya eug pingin nikah? Ga heran tiap kali gajian uangku selalu habis ga bersisa. Selain untuk ongkos dan makan sehari-hari, uang tersebut larinya ke tiket pesawat dan beli mata uang negara tujuan. Bagiku, investasi sesungguhnya adalah traveling.

Sampai suatu hari aku sadar kalau aku butuh investasi karena aku pingin banget traveling ke Mexico dan tiket pesawat menuju Mexico harganya tiap tahun selalu naik dan mahalnya minta ampun. Akhirnya aku mulai cari-cari informasi tentang investasi yang aman dan nilainya cenderung naik terus. Pas banget aku diundang C Channel ke acara Sharing Seru Investasi Jaman Now bersama Pegadaian.

Di event ini aku dapat banyak informasi dan pengetahuan seputar investasi. Alasan utama kenapa kita butuh investasi adalah untuk melawan inflasi. Let's say tahun 2012 saat aku planning mau ke Thailand tiket pesawat PP harganya sekitar IDR 500,000 - IDR 600,000 untuk low cost airline. Nah sekarang tahun 2018 kalau kita mau ke Thailand perlu merogoh kocek sekitar IDR 1,000,000an untuk tiket PP pesawat low cost airline. Begitu juga dengan mata uang asing, pasti harganya akan naik terus.

Trus investasi apa yang bisa melawan inflasi? Ya pastinya emas dong! Ga heran kan kenapa orang jaman dulu suka banget ngumpulin emas. Karena selain bisa melawan inflasi, nilai emas cenderung selalu naik, mudah dijual, bebas pajak, diakui di semua tempat, juga merupakan unsur yang awet dan tidak bisa terkorosi. Wah untung banget kan berinvestasi emas!

Gimana caranya kita mulai investasi emas? Jadi harus ke pasar buat beli di toko emas? Duh kuno banget sih, sekarang ada Pegadaian Tabungan Emas! Untuk membuka rekening tabungan ini bisa dilakukan secara online lho. Kamu bisa download aplikasi Pegadaian Digital di Google Play ataupun App Store. Setelah itu tinggal mulai registrasi dengan mengisi nama lengkap, nomer hp, input kode OTP, alamat email, dan password. Gampang banget kan! Setelah itu kamu akan diarahkan untuk mengisi saldo rekening sebesar IDR 100,000 melalui virtual account Bank BNI dan memilih cabang Pegadaian untuk mendapatkan buku tabungan fisiknya. Sayangnya untuk membuka rekening ini hanya ada pilihan Bank BNI saja, tapi kalau kamu ga punya akun Bank BNI kamu bisa menyetor secara tunai di cabang Pegadaian yang kamu pilih. Dalam beberapa bulan kedepan, Pegadaian akan menambahkan beberapa pilihan bank untuk mengisi setoran awal.

Untuk setiap rupiah yang kita setor, nantinya akan terkonvert secara otomatis menjadi berat emas. Contohnya saat aku buka tabungan kemarin, aku setor IDR 250,000 dan terkonvert menjadi emas seberat 0.3605 gram. Jadi mau harga emas naik berapapun, emas yang aku punya tetap 0.3605 gram dan mengikuti harga yang berlaku saat itu. Nah jangan khawatir untuk mengeluarkan uang yang banyak untuk memulai investasi, karena di Pegadaian Tabungan Emas ini kamu bisa membeli emas mulai dari 0.01 gram atau sekitar IDR 6,000an. Kalau kamu mau memiliki fisiknya atau cetak emas, kamu bisa mengajukan untuk cetak emas mulai dari kepingan 1 gram.

Untuk para newbie di bidang investasi seperti aku, Pegadaian Tabungan Emas ini sangat membantu dan mudah dipahami. Beberapa fitur di aplikasinya juga mudah dimengerti dan terasa familiar. Di aplikasi Pegadaian Digital, banyak hal uang kita bisa lakukan yaitu:
- membeli emas (menambah tabungan emas),
- menjual emas (yang uangnya akan ditransfer ke rekening bank),
- transfer emas (mengirimkan emas ke rekening Pegadaian Tabungan Emas orang lain),
- cetak emas (mendapatkan bentuk fisik dari emas yang sudah dibeli),
- mengajukan gadai,
- mengajukan pembiayaan usaha,
- membayar gadai,
- dan membayar angsuran.

Aku jadi makin semangat nih nimbun emas. Apalagi emas yang aku beli saat ini kedepannya nilainya akan bertambah dari pertama kali aku beli hehehe. Makin bisa nih traveling ke Mexico atau negara impian lainnya. Ditambah impian aku dan Feli untuk arisan emas sekarang bukan cuma angan-angan lagi. Sekarang kita bisa banget dong arisan emas macam ibu-ibu Plaza Indonesia wqwq. Pegadaian Tabungan Emas is taking arisan to a whole new level! Nah ayo, siapa lagi yang mau ikutan arisan emas bareng aku dan Feli? 💰✨


Thank you for reading, have a nice day! ;)