Kosmetik merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh wanita mulai dari bedak, lipstick, blush on dan berbagai macam produk kosmetik lainnya. Dengan banyaknya promo belanja online terbaru akan ada banyak merchant yang berlomba-lomba untuk menjual berbagai macam produk kosmetik yang mereka punya.


Namun apakah kosmetik yang kita gunakan saat ini sudah sesuai dengan kulit kita? Atau sudah amankah kosmetik yang kita gunakan sehari-harinya? Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih produk kosmetik yang aman untuk kulit wajah :

1. Perhatikan tekstur, warna dan baunya
Untuk mengenali produk kosmetik yang aman dipakai sebenarnya sangat mudah, bisa dilihat dari tekstur, baud an warnanya. Apabila terdapat keanehan atau kejanggalan dari ketinganya, sebaiknya tidak usah dibeli karena bisa jadi produk kosmetik tersebut sudah expired.

2. Perhatikan kandungan yang ada didalam kosmetik tersebut

Beberapa merek ternama biasanya menyediakan layanan khusus konsumen seputaran produk kecantikannya, kalian bisa menanyakannya melalui outlet atau hotline servicenya untuk kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut.

3. Teliti memilih 
Baca informasi yang terdapat di kemasan produk tersebut,  beberapa produk kosmetik saat ini sudah banyak mencantumkan tentang informasi pembuatan produk tersebut.

4. Gunakan produk kecantikan alami

Tidak semua kulit wajah cocok dengan kosmetik yang ada dipasaran, jika kalian ragu atau takut untuk memakai kosmetik yang dijual dipasaran tidak ada salahnya untuk mencoba kosmetik yang berbahan alami. Biasanya kosmetik yang berbahan alami akan jauh dari resiko dan efek samping.

5. Belilah kosmetik yang sudah terdaftar di Badan POM
Kosmetik yang aman dan sehat memiliki lembaga khusus yang menangani kelegalannya. Pastikan produk yang akan dibeli memiliki kode legal serta terdaftar pada situs resmi BPOM. Jika produk kosmetik tersebut tidak memiliki kode legal BPOM, sebaiknya tidak usah dibeli.

Nah, ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan kita gunakan, karena tidak semua kosmetik yang ada cocok dengan kulit wajah kita.