Punya tubuh yang sehat dan indah pastinya idaman setiap orang, baik pria maupun wanita. Untuk menjaga bentuk tubuh ideal pastinya kita harus menjaga pola makan, tidur, dan rutin berolahraga. Tapi di jaman yang makin dinamis dengan segala kesibukan ini, kadang kita suka ga punya waktu untuk olahraga, makan pun sembarangan. Jadinya badan semakin bengkak dan berat badan susah diatur. Tahun 2012 berat badanku selalu stabil di 45kg, tapi setelah masuk kerja berat badanku sudah ga bisa dikontrol sampai naik puluhan kg :(

Aku sudah pernah coba ngegym selama 1 tahun tapi ga ada hasil signifikan, padahal aku biasa ngegym selama 2-2.5 jam. Banyak waktu yang sudah kebuang, tapi berat badan ga ikut kebuang juga. Apalagi setelah kerja kesibukanku makin padat dan kadang-kadang suka bolos ngegym. Untungnya sekarang sudah ada solusi buat kita yang punya kesibukan padat dan mau punya tubuh ideal, yaitu 20FIT

Apa itu 20FIT?

Buat kamu yang belum tau 20FIT, ini berbeda dengan fitness centre lainnya. 20FIT adalah micro-gym pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS) dan perlengkapan Miha Bodytec untuk pengalaman pelatihan pribadi. Nama 20FIT sendiri memiliki makna "fitness can be attained within 20 minutes". Yup, hanya dengan waktu latihan 20 menit aja sudah setara dengan berolahraga selama 2 jam lho!

Buat yang pingin menurunkan berat badan, cocok banget nih ke 20FIT. Karena latihan di 20FIT akan membuat lemak berubah menjadi otot, pastinya tubuh bakalan lebih kenceng dan seksi dong. Dengan bertambahnya massa otot, otomatis metabolisme tubuh akan meningkat dan membakar lemak lebih cepat. Didukung dengan teknologi EMS dari Miha Bodytec yang akan menstimulasi 8 bagian besar otot yang akan mengalirkan aliran listrik ke otot. Jangan khawatir 'disetrum' ya, karena EMS sudah terbukti aman dan efektif dalam membantu pembentukan otot. Teknologi EMS juga ga akan memberikan tekanan pada sendi, jadi EMS lebih aman daripada jenis pelatihan konvensional lainnya.


Apa aja sih fasilitas 20FIT?

Seperti pada umumnya, ruang ganti, loker, dan kamar mandi terdapat dalam satu ruangan. Fasilitas ruang ganti 20FIT ini adem dan nyaman banget lho. Bikin aku betah lama-lama di ruang ganti hahaha. Kapasitas lokernya juga cukup besar dan ada kotak kecil sebagai untuk menyimpan sepatumu. Yup, untuk latihan di 20FIT kamu bebas mau pakai sepatu ataupun telanjang kaki. 


Setiap latihan di 20FIT kamu ga perlu repot-repot lagi bawa perintilan handuk dan baju latihan. Karena 20FIT menyediakan handuk dan baju latihan khusus untuk dipakai saat latihan. Baju latihan khusus ini dari Miha Bodytec, yang bisa menerima hantaran listrik EMS secara sempurna.

Berbeda dengan fitness center lainnya, di 20FIT kamu ga perlu repot-repot bawa toiletries bag! Karena di 20FIT sudah lengkap disediakan mulai dari sabun, shampoo, mouthwash, body lotion, deodorant, facial wash, pembalut, tisu basah, cotton bud, bahkan sisir dan hair band. Wow enak banget, cuma bawa diri doang! 

Untuk latihan di 20FIT, kamu harus reservasi terlebih dahulu. Sistem latihannya sudah diatur per sesi, dan untuk di 20FIT Menteng per sesi maksimal hanya 2 orang aja. Bener-bener private deh! Nah sambil nunggu giliran sesi latihan, bisa banget ngopi atau ngeteh lucu dulu karena sudah disiapin berbagai macam kopi buat kamu. 

Ga cuma baju latihan khusus dari Miha Bodytec, untuk latihan diperlukan rompi khusus yang berfungsi menghantarkan listrik EMS. Ga perlu khawatir karena rompi ini selalu disterilkan setiap selesai dipakai, jadi sudah terjamin higienisnya. Rompi ini dicuci secara klinis dan menggunakan detergen khusus, dan setelah itu diberikan anti bacterial untuk menjamin kesterilan rompi tersebut.

Ngeteh lucu sudah, ganti baju sudah, kuncir rambut juga sudah. Nah saatnya kita latian!

Sebelum latihan, personal trainer (PT) akan mengukur tinggi badan dan berat badan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melihat persentase lemak dan otot tubuh, dan untuk mengetahui apakah tubuh kita sudah termasuk ideal atau belum.

Menurut mesin timbangan, dengan tinggi badan 158cm sebenarnya berat badan 65kg masuk dalam kategori normal. Tapiiii massa ototnya masih harus ditingkatkan dan body fatku terlalu over. Jadi aku harus mengubah body fat itu menjadi massa otot. 

Setelah mengukur tinggi dan menimbang berat badan, aku harus mengisi beberapa data yang diperlukan dan ada beberapa ketentuan yang harus aku setujui sebelum memulai latihan.

Sambil menunggu, PT akan menyemprotkan air ke rompi khusus yang berfungsi supaya hantaran listrik EMS bisa diterima dengan sempurna oleh tubuh.

Setelah itu baru deh rompinya dipasangkan ke tubuh dan kabel-kabel mulai disambungkan. Rompi akan dipasang ketat ke tubuh supaya manfaat listrik EMS bisa diterima dengan sempurna. Tapi rasanya ga bakalan sesak kok! Semua PT di 20FIT sudah memiliki sertifikat dari Miha Bodytec, yang berarti PT 20FIT sudah melakukan proses training yang panjang untuk menguasai mesin, pelayanan, dan ahli dalam ilmu olahraga.

Mesin EMS dari Miha Bodytec ini akan mengalirkan listrik ke badan, tapi aliran listriknya ga akan langsung sekaligus ke seluruh tubuh. Satu per satu bagian otot akan dialirkan listrik EMS secara berurutan, dan diatur sesuai kapasitas yang bisa diterima oleh tubuh. Awalnya aku parno kalo rasanya kayak kesetrum, ternyata ga sakit sama sekali lho! Rasanya kayak dipijat dengan sabuk pijat gitu.

Dan latihan dimulai! Latihannya hanya berupa gerakan simple, walaupun awalnya aku pikir simple ternyata cukup menantang juga lho. Aliran EMS akan membuat gerakan yang kita lakukan menjadi lebih berat dan membutuhkan effort supaya gerakannya dilakukan dengan sempurna. Tiap 1 set gerakan berjumlah 8 kali repetisi, dengan 1 repetisi berdurasi 4 detik. Tiap repetisi pun ada jeda istirahat 4 detik. Total sesi latihan akan genap 20 menit.  

Selesai latihan, PT akan memberikan pilihan untuk dilanjutkan. Pilihannya ada Metabolism yang cocok untuk program fat loss dan Relaxation untuk membuat otot tubuh menjadi rileks setelah berolahraga. Biar keliatannya gampang dan gerakannya simple, tapi latihan selama 20 menit di 20FIT ini sukses bikin keringat bercucuran banjir lho! 

Setelah latihan, PT akan mereview latihan yang sudah aku lakukan. Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, PT menyarankan aku supaya rutin latihan 2 kali dalam seminggu. Nah penasaran pingin coba sensasi olahraga sambil dikejut-kejut pake listrik? Kamu bisa coba datang ke 20FIT yang sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk detail price list dan lokasi studionya bisa dicek di website 20FIT.  

Pastikan juga kamu sudah follow social media 20FIT untuk selalu update info terbaru serta promo menarik dari 20FIT ya!

Facebook | Twitter | Instagram | YouTube | Pinterest


All photos taken by Vheii
Thank you for reading, have a nice day! ;)