Mendengar kata Nikko, apa yang pertama kali muncul dalam pikiranmu? Nama hotel? Bukan! Nikko yang aku maksud kali ini adalah tempat yang wajib banget dikunjungi, atau istilah kerennya place you must visit before you die

Nikko adalah sebuah kota di prefektur Tochigi, Jepang yang berada di sebelah utara kota Tokyo. Nikko merupakan kota terbesar ketiga di Jepang setelah Takayama dan Hamamatsu. Kalau kamu bosan dengan suasana hingar bingar kota modern, Nikko bisa jadi tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan kamu nih! Di kota ini kamu bisa melihat pemandangan pegunungan, danau, air terjun, sumber air panas, dan hiking trails. Suhu di Nikko sangat sejuk karena dikelilingi oleh banyak pegunungan. Buat kamu yang lebih suka berpetualang ke gunung daripada ke pantai, pastikan kamu berkunjung ke Nikko ya!

Nah kalau jalan-jalan ke Nikko, pastikan kamu jangan melewatkan tempat wisata ini:

1. Yumoto Onsen

Photo by Chris Lewis

Berendam air panas di onsen pastinya ga boleh terlewat kalau kita sedang berlibur ke Jepang. Bingung mau mandi onsen dimana? Coba datang ke Yumoto Onsen. Terletak di sebelah utara kota Nikko, Yumoto Onsen juga menawarkan pemandangan Danau Yunoko yang cantik serta terbentang luasnya pemandangan pegunungan nan asri. Menariknya air Danau Yunoko ini juga hangat seperti air onsen lho!  
Photo by Guilhem Vellut

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Yumoto Onsen adalah pertengahan bulan Oktober yaitu saat musim gugur. Tak heran onsen ini selalu penuh oleh wisatawan pada musim gugur. Akses ke Yumoto Onsen ini pun cukup mudah. Kamu bisa naik Tobu Bus dari pusat kota Nikko. Tobu Bus menuju Yumoto Onsen tersedia tiap jamnya, dengan waktu perjalanan sekitar 80 menit dari Tobu Nikko Station dan tarifnya ¥1,700 sekali jalan.

Saat musim gugur, traffic dari Nikko ke Yumoto Onsen sangat padat. Jadi sering terjadi delay keberangkatan, apalagi saat weekend. So, lebih baik ke Yumoto Onsen saat weekdays ya! :D

Alamat: Yumoto, Nikko, Prefektur Tochigi 〒321-1662, Jepang

2. Senjogahara



Terletak 1,400 m diatas permukaan laut, terbentang luas ladang Senjogahara yang berada di dataran tinggi kota Nikko. Senjogahara terletak diantara Yumoto Onsen dan Danau Chuzenji, ladang ini merupakan spot terbaik untuk hiking di Nikko National Park. Waktu yang tepat untuk hiking di Senjogahara adalah bulan Oktober saat musim gugur, dimana dedaunan berubah menjadi warna merah keemasan dan sangat indah. 

Untuk mengelilingi hiking track Senjogahara membutuhkan waktu 2,5 sampai 3 jam. Jangan khawatir, kamu ga bakal bosan karena pemandangan pegunungan yang asri akan setia menemanimu saat mengitari Senjogahara. Senjogahara juga bisa dinikmati di bulan Desember sampai Maret saat musim dingin lho! Saat salju menyelimuti ladang ini, kamu bisa berkeliling dengan menggunakan snow shoes yang disewakan sekitar ¥500 per jam atau ¥1,000 - ¥1,500 per hari.



Untuk menuju Senjogahara, kamu bisa naik Tobu Bus yang sama dengan tujuan akhir Yumoto Onsen. Tobu Bus tersedia tiap jamnya, dengan waktu perjalanan sekitar 70 menit dari Tobu Nikko Station dan tarifnya ¥1,550 sekali jalan. Sama seperti Yumoto Onsen, saat musim gugur traffic dari Nikko ke Senjogara juga sangat padat. Hindari berpergian ke Senjogahara pada saat weekend ya! :D


Alamat: Chugushi, Nikko, Prefektur Tochigi, 〒321-1661, Jepang 
Senjogahara photos by Japan Guide

3. Toshogu Shrine 

Photo by Arian Zwegers

Mengunjungi kuil merupakan salah satu hal yang ga boleh terlewat saat jalan-jalan ke Jepang. Di Nikko kamu bisa mengunjungi Toshogu Shrine yang menjadi tempat istirahat terakhir Tokugawa Ieyasu, pendiri Keshogunan Tokugawa yang memerintah Jepang selama lebih dari 250 tahun sampai tahun 1868. Toshogu Shrine sangat kental dengan element Budha dan Shinto, dan terdapat banyak spot menarik yang bisa kamu jelajahi disini. 

Untuk menuju ke Toshogu Shrine kamu bisa jalan kaki sekitar 30-40 menit atau naik Tobu Bus yang memakan waktu sekitar 10 menit dari Tobu Nikko Station dengan tarif ¥310 sekali jalan atau ¥500 day pass. Untuk masuk ke dalam area Toshogu Shrine, kamu harus membayar tiket masuk sebesar ¥1,300. Toshogu Shrine buka mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00, tapi saat musim dingin kuil ini buka sampai pukul 16.00.

Alamat: 2301 Sannai, Nikko, Prefektur Tochigi 〒321-1431, Jepang

4. Ryuzu Waterfall

Photo by Jeffrey Tanenhaus

Ryuzu Waterfall diartikan sebagai air terjun naga, diberi nama Ryuzu karena bentuknya yang menyerupai kepala naga. Air terjun ini terletak di Sungai Yukawa, persis sebelum sungai menuju pembuangan ke Danau Chuzenji. Ryuzu Waterfall dikelilingi oleh pepohonan dimana pada saat musim gugur warna daunnya berubah menjadi merah keemasan dan makin membuat air terjun ini makin mirip dengan naga. Maka dari itu waktu yang paling tepat berkunjung ke Ryuzu Waterfall adalah saat musim gugur.

Untuk menikmati ke Ryuzu Waterfall pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis! Di sekitar air terjun ini juga tersedia toko souvenir dan kedai makanan untuk pengunjung yang ingin beristirahat. Jika memungkinkan kamu bisa menyusuri hulu sungai untuk melihat pemandangan air terjun yang sangat mengagumkan. Tersedia pula track jika kamu ingin menyusuri air terjun dengan jalan kaki. Oh iya track ini pada akhirnya akan menuju ke Senjogahara lho! 

Ryuzu Waterfall bisa diakses dengan Tobu Bus dari Tobu Nikko Station yang menuju Yumoto Onsen, dan kamu bisa turun di halte bus Ryuzu no Taki. Perjalanan dengan bus membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan tarif ¥1,400 sekali jalan. 

Alamat: Chugushi, Nikko, Prefektur Tochigi, 〒321-1661, Jepang 

5. Kegon Waterfall

Photo by Helen ST

Air terjun yang tingginya hampir 100 m ini adalah air terjun yang paling terkenal di Nikko dari sekian banyak air terjun yang ada. Faktanya, Kegon Waterfall pun diurutkan dalam 3 air terjun terindah di Jepang bersama Nachi Waterfall di Prefektur Wakayama Prefecture dan Fukuroda Waterfall di Prefektur Ibaraki.

Kegon Waterfall adalah satu-satunya jalan keluar air dari Danau Chuzenji. Kita bisa menjelajahi air terjun ini melalui balkon observasi yang terbuka gratis untuk pengunjung dan mudah diakses dengan berjalan kaki. Namun jika kamu ingin melihat pemandangan yang lebih indah, kamu harus merogoh kocek sekitar ¥550 untuk mengakses elevator yang dapat membawamu ke balkon observasi yang berada 100 m di bawah air terjun.

Kegon Waterfall juga merupakan salah satu spot yang wajib dikunjungi saat musim gugur. Pepohonan di sekitar air terjun mulai berubah warna sekitar pertengahan sampai akhir bulan Oktober. Di musim dingin, pemanadangan Kegon Waterfall juga ga kalah dibandingkan saat musim gugur. Salju yang menyelimuti sekitar air terjun merupakan pemandangan indah yang bisa kamu nikmati saat musim dingin!

Untuk mengakses Kegon Waterfall kamu bisa berjalan kaki dari terminal bus Chuzenjiko Onsen. Naiklah Tobu Bus dari Tobu Nikko Station menuju Chuzenjiko Onsen, waktu yang ditempuh dengan bus sekitar 50 menit dan tarifnya ¥1,150 sekali jalan.
 
Alamat: Chugushi, Nikko, Prefektur Tochigi, 〒321-1661, Jepang


Nah setelah puas menjelajahi kota Nikko, rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khas dari Nikko yang memiliki cita rasa tinggi. Kamu bisa mencoba Nikko-yuba, salah satu masakan lokal yang paling tradisional di Nikko. Yuba adalah kulit tahu yang dibuat dengan cara mengambil kulit yang muncul di permukaan susu kedelai rebus. Menikmati yuba sama seperti menikmati sashimi, yuba yang baru saja diambil harus segera dikonsumsi selagi masih fresh. Atau alternatifnya yuba dapat dikeringkan untuk digoreng dan dimakan dalam kombinasi dengan makanan lain seperti soba.
Photo by Alyson Hurt

Setelah kenyang makan, rasanya masih kurang kalau belum makan yang manis-manis. Kamu bisa mencoba yokan, yaitu dessert khas Jepang yang dibuat dengan agar-agar dan pasta kacang merah. Dikatakan bahwa yokan dari Nikko diproduksi sebagai hadiah untuk kuil-kuil warisan dunia, kemudian menjadi populer bagi pengunjung kuil sebagai oleh-oleh mereka. Yokan dari Nikko memiliki karakteristik yang halus dan cukup manis.

Nah gimana, makin pingin jalan-jalan ke Jepang? Jangan bingung lagi, kamu bisa pesan paket tour lewat H.I.S.! Kenapa harus H.I.S.H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional, serta berbagai produk yang dapat memudahkan wisatamu seperti tiket theme park, JR Pass, Wi-Fi, dan lainnya. Apalagi kalau tujuannya ke Jepang, H.I.S. selalu memberikan penawaran harga menarik yang pastinya ga akan kamu temukan di travel agent lainnya. Psssst, FYI aku dapat harga tiket ke Jepang pulang pergi cuma IDR 5,800,000an dengan ANA (All Nippon Airways) lho dari H.I.S., murah banget kan?!

Apalagi sekarang H.I.S. punya layanan baru yaitu HAnavi. Buat kamu yang belum tau, HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik plus hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Ga percaya? Buruan deh cek website H.I.S. dan cari tau paket menarik HAnavi!

Nah daripada ketinggalan info dan promo menarik dari H.I.S., pastikan kamu like Facebook page H.I.S. ya!

Facebook

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition


Thank you for reading, have a nice day! ;)