Traveling ke Jepang harus direncanakan secara matang dan dari jauh-jauh hari supaya dana yang dikeluarkan lebih efektif dan efisien. Masih banyak traveler yang beranggapan biaya hidup di Jepang lebih mahal dibanding negara lain, terutama untuk penginapan dan transportasinya. Kali ini aku ingin berbagi pengalaman menginap di Business Hotel Park Inn, Osaka hanya dengan budget kurang dari IDR 200,000 per malam. Yup, lebih tepatnya ¥ 1,400 per malam, murah banget kan! Kalau kamu adalah budget traveler dan ingin pergi ke Osaka, hotel ini bisa jadi cocok buatmu.

Sekali lagi, hotel ini ditujukan untuk solo traveler, budget traveler, backpacker, dan traveler siapapun yang ga manja ataupun hanya butuh menginap semalam saja. Jadi kalau kamu lebih mementingkan kenyamanan extra ataupun traveling bersama orang lain apalagi anak kecil, sangat disarankan untuk memilih hotel berbintang 3 ya :)

Front desk Business Hotel Park Inn buka hanya di jam tertentu saja yaitu saat check in dan check out. Check in buka jam 15.30 - 23.00 dan check out buka dari pagi sampai jam 9.30. Jam check outnya memang bisa dibilang lebih cepat dibanding hotel lain. Yah namanya juga budget hotel :)

Untuk lokasinya sendiri, Business Hotel Park Inn ini bisa dibilang sangat strategis. Cuma beberapa langkah dari stasiun Dobutsuen-Mae, stasiun Shin-Imamiya, dan stasiun Shin-Imamiya Ekimae. Mudah banget diakses kalau kamu naik kereta dari Kansai Airport. Kalau kamu bingung, di lantai dasar juga tersedia papan informasi untuk beberapa rute kereta.

Selain dekat dari stasiun, Business Hotel Park Inn ini juga dekat dengan beberapa lokasi wisata seperti Tennoji Zoo, Spa World, MEGA Don Quijote, Tsutenkaku, Namba City, Tobita Shinchi, dan masih banyak lagi.


Untuk kamar seharga ¥ 1,400 per malam aku dapat kamar Japanese style single room tanpa AC dengan kasur futon. Kamarnya cukup luas untuk sendirian, jadi buat yang bawa koper ga perlu khawatir akan sempit untuk bongkar isi koper. Walaupun kamarnya luas, tapi yang menginap hanya diperbolehkan hanya 1 orang saja ya. Kayak apa sih rasanya futon? Nyaman bangeeeeeeet! Aku lebih suka tidur di futon karena lebih lembut dibanding tidur di kasur biasa.

Nah biar berasa Jepang banget, Business Hotel Park Inn juga menyediakan kimono linen untuk tamunya. Bahannya adem dan ga bikin gerah, cocok banget buat tidur.

Karena aku pesan kamar tanpa AC, disediakan kipas angin sebagai penggantinya. Selain itu juga ada TV dan lemari yang bisa kamu gunakan. Kalau kamu ga bisa tidur dengan kipas angin, kamu bisa memesan kamar dengan AC seharga ¥ 1,800 per malam. Karena aku anaknya irit dan pelit, jadi pesan kamar tanpa AC supaya ¥ 400 bisa dipakai untuk jajan HAHAHA. Ditambah lagi kalau book melalui Booking.com bisa dapat refund cash reward 10% setelah menginap, kalau mau dapat cash rewardnya kamu bisa klik https://booking.com/s/vindy455.

Setiap lantai di Business Hotel Park Inn ini dilengkapi dengan wifi masing-masing, jadi ga perlu takut koneksinya akan terputus tiba-tiba. Koneksi internetnya juga kenceng banget, lumayan bisa marathon nonton drama korea 🙈

Di Business Hotel Park Inn ini ga tersedia sarapan ataupun cafe. Jadi kalau kamu lapar atau haus, kamu bisa pakai microwave untuk menghangatkan makanan dan beli minuman di vending machine di lantai dasar. Tapi saranku lebih baik beli minuman di luar hotel, karena banyak vending machine yang bertebaran di sekitar hotel dan harganya mulai dari ¥ 50 lho!

Nah untuk fasilitas kamar mandi dan toiletnya sharing dengan tamu lainnya, terletak di lantai dasar. Untuk mandi pun ada jam-jam tertentu, kalau ga salah jam 18.00 - 21.00 untuk tamu laki-laki dan jam 21.00 - 24.00 untuk tamu perempuan. Untuk toilet terpisah dari kamar mandi, jadi bisa digunakan kapanpun. Fasilitas kamar mandinya seperti onsen pada umumnya, ada shower dan bak mandi besar. Sayangnya aku ga bisa foto penampakannya, tapi kamu bisa cek fotonya di website Booking.com.

Menurutku untuk fasilitas yang diberikan Business Hotel Park Inn, harga ¥ 1,400 per malam ini cukup sepadan. Biasanya dengan budget segini hanya dapat shared dormitory di hostel, tapi ini dapat private room. Apalagi bisa merasakan langsung penginapan ala Jepang banget. My travel style is always on a budget dan yang penting menurutku bisa menekan biaya hotel seminimal mungkin, jadi dananya bisa dialokasikan untuk hal lainnya. Business Hotel Park Inn ini cocok banget kalau kamu punya travel style yang sama seperti aku. 

Untuk book hotel ini bisa melalui Booking.com, aku lebih suka Booking.com karena harga yang ditampilkan adalah harga final, free cancelation, dan bisa bayar belakangan (bayar di hotel) tanpa prepayment dengan kartu kredit. Very convenience!

Business Hotel Park Inn

Baru pertama kali menggunakan Booking.com? Buat akun dengan register dari link ini https://booking.com/s/vindy455 dan kamu bisa dapatkan cash reward sebesar 10% untuk transaksi pertamamu, yang akan direfund setelah kamu menginap. Lumayan banget kan! 

Stay tuned for another cheap thrills. Kalau kalau kamu punya rekomendasi tempat menginap on a budget di Osaka, feel free to share your recommendation on comment box below ya.

Thank you for reading, have a nice day! ;)