Dalam blog post kali ini, aku ingin berbagi cerita yang lain dari biasanya. Kalau biasanya aku berbagi tentang review kosmetik, skin care, sampai traveling, kali ini aku akan berbagi tentang hal yang lebih private untuk ciwik-ciwik.

Siapa yang biasanya merasa down saat hari pertama menstruasi? Aku aku aku! Biasanya saat hari pertama haid, mood jadi ga jelas dan rasanya ga karuan. Mau ngapain aja juga ga enak, rasanya pingin di rumah dan ga mau kemana-mana. Aku juga sering ambil cuti haid saat hari pertama untuk tetap stay di rumah. 

Tapi ternyata good mood saat haid bisa kita ciptakan sendiri lho, girls! Di luar negeri, ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan berlangganan PMS box. Dengan mengirimkan PMS box, perusahaan tersebut bermaksud ingin membangkitkan good mood pelanggannya dalam menjalani menstruasi. Konsepnya sama seperti beauty box, pelanggan akan dikirimkan box berisi barang-barang secara random meliputi cokelat, snack, permen, pembalut atau tampon, bahkan sampai kosmetik dan skincare. Sayangnya belum ada perusahaan yang menyediakan layanan seperti ini di Indonesia. 

Nah, ga ada salahnya lho bikin sendiri PMS box untuk menyenangkan hati kita. Kali ini aku ingin berbagi tips tentang survival kit untuk hari pertama haid supaya tetap pede dan nyaman.

1. Eat chocolate

Ga perlu cemilan yang banyak dan macem-macem, cokelat aja lebih dari cukup. Apalagi buat yang suka ngeluh “aduh, aku gendut banget”, nah inget-inget deh buat jaga ngemil. Ternyata makan cokelat bisa membantu merangsang produksi endofin dalam tubuh yang memberikan transmisi perasaan yang baik untuk otak dan bisa membantu memperbaiki suasana hati. 

Nah pas banget kan untuk membangun good mood saat hari pertama haid. Tapi pastikan yang kamu konsumsi adalah dark chocolate ya! Kalau aku suka banget makan Take-it Dark Chocolate, rasa pahitnya pas banget! Aku lebih suka cokelat yang pahit, karena kalau yang rasanya manis aku suka sakit gigi. Oh iya, katanya kalori dari dark chocolate lebih rendah dibandingkan dengan milk chocolate ataupun white chocolate lho.

2. Have a cup of green tea

Siapa yang perutnya suka nyeri saat hari pertama haid kayak aku? Untuk mengatasi perut yang nyeri, biasanya aku selalu minum green tea hangat untuk membantu meredakan rasa nyeri di perut. Kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol dalam teh hijau juga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas lho! Banyak banget manfaat green tea kalau kamu cari di Google. 

Biasanya aku minum TWININGS Green Tea and Mint untuk membantu meredakan rasa nyeri di perut. Rasanya juga enak, ada sensasi segar dari mintnya. 

3. Keep it warm

Sudah minum teh hangat tapi masih merasa ga enak? Hangatkan dengan minyak kayu putih! Emang ya minyak kayu putih ini ga diragukan lagi deh khasiatnya, mulai dari masuk angin sampai sakit perut semuanya bisa diatasi.

Aku selalu siap sedia bawa Minyak Kayu Putih Cap Lang Aromatherapy varian Rose di tasku. Buat yang ga suka aroma minyak kayu putih, kamu bisa coba varian Aromatherapy Rose. Wanginya ga mencolok dan lebih lembut seperti wangi minyak telon. 

4. Use feminine hygiene 

Saat menstruasi, area kewanitaan menjadi rentan infeksi, iritasi, dan gatal. Makanya kita butuh pembersih kewanitaan yang khusus untuk mengatasi resiko infeksi saat menstruasi. 

Untuk pembersih kewanitaan, aku percayakan pada Betadine Feminine Hygiene. Karena Betadine Feminine Hygiene memiliki kandungan zat aktif Povidone-Iodine 10% yang sudah terbukti secara efektif membunuh kuman, bakteri, jamur, dan virus penyebab keputihan, gatal, iritasi, dan bau tak sedap.  

5. Choose the right sanitary napkin


Ini dia poin yang paling penting. Walaupun sudah menggunakan feminine hygiene, tau ga sih kalau lagi haid ada bau ga sedap yang berasal dari darah tersebut? Aku pernah punya pengalamannya nih. Pertama kali aku tau kalau darah haid itu bau saat aku pipis di toilet. Aku mencium bau yang ga sedap, ternyata itu berasal dari pembalut. Hiii, baunya ga enak banget deh. Waktu itu aku juga pernah mencium bau ga sedap dari temanku. Kejadiannya saat pelajaran olahraga dan kita duduk bersila sambil berhadapan, tiba-tiba ada bau ga sedap yang cukup familiar. OMG ternyata itu bau darah saat haid ;___;

Ternyata bau ga sedap saat haid itu disebabkan karena duduk terlalu lama, memakai celana ketat atau jeans yang tebal, terlalu lama ga ganti pembalut, bahkan beraktifitas dan berkeringat. Kalau bau ga sedap itu makin menjadi-jadi, bisa sampai tercium oleh orang lain seperti yang aku alami lho. Ga mau kan?

Aku baru tau kalau Charm punya varian pembalut dengan fragrance yang namanya Charm Fragrance. Katanya pembalut ini bisa mengcover bau saat menstruasi. Awalnya aku sempet takut coba Charm Fragrance karena ada wanginya, karena ada yang bilang kalau pembalut dengan pewangi atau parfum itu bisa membuat kulit jadi iritasi. Tapi setelah aku coba ternyata nyaman lho, kulitku juga ga iritasi walaupun aku pakai cukup lama sekitar 4 jam. Oh iya sebaiknya ganti pembalut tiap 3-4 jam sekali ya, kalau lagi banyak-banyaknya sebaiknya 1-2 jam sekali.

Aku juga suka aroma dari Charm Fragrance, wanginya lembut dan bisa menyamarkan bau ga sedap dari darah haid. Variannya juga cukup lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, ada varian Extra Maxi dan Super Slim, dan masing-masing tersedia dalam varian Wing maupun Non Wing. Kalau aku biasanya pakai Charm Fragrance Super Slim Wing. Selain tipis, pembalut ini juga nyaman di kulit, dan yang paling penting bisa mengcover bau ga sedap dari darah haid. Jadi aku lebih pede dan bebas khawatir bau deh.

6. Dress comfortably 

Berpakaian senyaman mungkin juga bisa membuat kamu jadi lebih pede lho! Seperti yang sudah aku jelaskan di poin sebelumnya, hindari memakai celana ketat ataupun celana jeans yang tebal. Memakai pakaian yang terlalu ketat tanpa disadari bisa membuat kita jadi gelisah dan ga nyaman lho.

Biasanya kalau sedang haid, aku paling suka pakai rok flare berwarna gelap dan kaos ataupun swater yang longgar. Jadi dengan memakai pakaian longgar, sirkulasi udara pada tubuh menjadi lebih lancar dan bisa mencegah infeksi jamur vagina juga lho! Apalagi kalau kamu takut ‘nembus’ pilih pakaian yang berwarna gelap ya.

Nah, ternyata membangun good mood saat hari pertama haid gampang banget kan? Pastikan kamu mempersiapkan survival kit ini sebelum kamu menstruasi, apalagi sekarang banyak aplikasi period calendar yang bisa membantu kamu memprediksikan tanggal menstruasi di bulan depan. 

Thank you for reading, have a nice day! ;)