Berlibur ke pantai di daerah tropis saat musim panas, pastinya merupakan hal yang sudah biasa. Tapi bagaimana dengan pergi berlibur ke negeri salju seperti Hokkaido saat musim panas?

Siapa yang ga kenal dengan Hokkaido? Pulau yang terletak di sebelah utara Jepang ini sering disebut sebagai negeri salju. Pulau ini terkenal dengan musim dingin yang berlangsung lebih lama dibanding kota lainnya dan suhunya sangat dingin. Awalnya aku pikir di Hokkaido selalu bersalju dan hanya memiliki 1 musim saja, yaitu musim dingin. Ternyata walaupun dijuluki sebagai negeri salju, Hokkaido tetap memiliki 4 musim sama seperti kota lainnya di Jepang. Aku baru tau kalau liburan musim panas di Hokkaido itu ga kalah menariknya setelah diceritain sama John.
Pulau yang awalnya bernama Pulau Ezo ini merupakan prefektur terbesar di Jepang. Di Prefektur Hokkaido ini, banyak banget tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Hokkaido sendiri terkenal dengan gunung berapi, onsen alami, dan ski resort yang banyak ditemukan di Hokkaido.

Untuk menuju Hokkaido, bisa ditempuh dengan kereta maupun pesawat. Perlu diingat ya kalau ga ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Hokkaido, kita harus transit terlebih dahulu di Tokyo. Walaupun Pulau Hokkaido terpisah dari Pulau Honshu, kita tetap bisa akses dengan kereta lho! Kedua pulau ini dihubungkan oleh jalur kereta bawah laut Seikan Tunnel.

Pergi ke Hokkaido ga melulu harus ke Sapporo lho! Terletak di sebelah barat Hokkaido ada tempat wisata menarik yang cocok banget untuk menghabiskan liburan musim panas, yaitu Shakotan Penisula. Nah ini dia tempat wisata di Shakotan Penisula yang recommended untuk menghabiskan liburan musim panas!

1. Cape Kamui


Menyajikan pemandangan Laut Jepang yang sangat indah, tanjung yang satu ini wajib banget untuk dikunjungi. Berlokasi di sebelah barat Shakotan, area Yobetsu dan pelabuhan perikanan juga berada di dekatnya. Dari tempat parkir sampai ke ujung tanjung ada jalan setapak sepanjang 770m di punggung bukit. Pada musim panas, banyak bunga daylily orange yang tumbuh bermekaran. Cape Kamui merupakan tempat wisata yang recommended jika kamu datang ke Shakotan. 

Ada papan petunjuk yang akan mengantarkan kita pada sejarah Cape Kamui, papan itu menyatakan bahwa tempat ini terlarang untuk wanita pada dahulu kala. Menurut cerita legenda, putri dari kepala suku Ainu terpukul atas kepergian mendadak dari pria yang dicintainya. Dia pun meneriakkan kutukan untuk setiap wanita yang melewati tanjung dengan kapal akan mati, dan kemudian dia sendiri melompat ke laut. Sampai sekarang kebenaran cerita tersebut masih simpang siur.

Kalau kamu wanita dan kamu pingin ke Cape Kamui jangan takut ya! Karena cerita tersebut cuma mitos aja kok. Rasa takutmu akan hilang kalau kamu sudah sampai di Cape Kamui dan melihat indahnya pemandangan Laut Jepang. Untuk menuju ke Cape Kamui bisa diakses dengan mobil pribadi atau bus dari Sapporo Station Bus Terminal selama kurang lebih 3 jam, dengan biaya bus sekali jalan ¥2,160.

Alamat: Kozaki-cho, Shakotan-cho, Hokkaido 〒046-0321

2. Shimamui Coast


Ingin melihat sisi lain dari indahnya pemandangan Laut Jepang? Berkunjunglah ke Shimamui Coast. Pantai ini sering masuk dalam list 100 pantai terbaik di Jepang. Shimamui Coast merupakan pantai terbaik untuk melihat indahnya lautan bening yang sering disebut "Shakotan Blue". Pada awal musim panas, bunga daylily bermekaran dan menghiasi tebing pantai. Untuk menuju tepi pantai, membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki dari observatory deck. 

Jalan setapak di Shimamui Coast dipelihara dan dikelola dengan baik, jadi ga perlu khawatir jika membawa anak-anak. Tapi pastikan untuk menghemat tenaga, karena berjalan-jalan di Shimamui Coast membutuhkan banyak tenaga lho! Untuk menuju Shimamui Coast membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan bus dari Stasiun Otaru. 

Alamat: Irika-cho, Shakotan-cho, Hokkaido 〒046-0327
Tel: +81 (0)135-44-2111

3. Rebun Island


Beranjak ke sebelah utara pulau Hokkaido, ada pulau kecil bernama Rebun. Pulau ini terletak 50km dari pesisir Hokkaido dan 10km dari Rishiri Island, pulau ini berada di Laut Jepang. Bersama dengan Rishiri Island, Rebun merupakan bagian dari Rishiri-Rebun-Sarobetsu National Park. Kegiatan yang bisa dilakukan di Rebun Island salah satunya adalah trekking. Kegiatan trekking ini sangat populer di Rebun Island, dan tersedia 7 macam jenis course yang ditawarkan di Rebun Island. Course tersebut antara lain Momoiwa Observatry Course, Rebun Falls Course, Rebun Forest Course, 8 Hours Course, Mt. Rebun Course, Lake Kushu Course dan Cape Tour Course. Masing-masing course menawarkan pemandangan dan sensasi yang bebeda tentunya. Jika ingin ikut trekking course, 8 Hours Course adalah pilihan yang paling populer dan banyak diminati. Untuk mengikuti trekking, peserta harus mengenakan pakaian hujan karena anginnya kencang dan hujan bisa turun kapan saja.


Selain trekking, Rebun Island juga terkenal dengan kekayaan flora yang tumbuh di pulau tersebut, yaitu banyaknya bunga alpine yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun. Bunga tersebut hanya bermekaran di musim panas, yaitu sekitar bulan Juni sampai Agustus dan itulah waktu yang tepat untuk mengunjungi Rebun Island. Bunga alpine ini biasanya disebut Rebun Usuyukisou, atau sering juga disebut dengan bunga Edelweiss dari Rebun. Berada di tengah pulau, terdapat Rebun Usuyukisou Habitat. Area ini merupakan area konservasi untuk Rebun Usuyukisou karena bunga tersebut sangat langka dan warga setempat ingin menjaga agar Rebun Usuyukisou tidak punah. 

Satu-satunya transportasi untuk menuju Rebun Island adalah dengan kapal ferry dari Wakkanai selama kurang lebih 2 jam. Dari Sapporo memang tersedia penerbangan ke Rishiri Island, namun dari Rishiri Island ke Rebun Island tetap harus menyebrang dengan kapal ferry selama 40 menit.

4. Misaki no Yu Shakotan Onsen


Liburan ke Hokkaido, rasanya masih belum lengkap kalau belum menikmati sensasi mandi air panas di onsen. Dari sekian banyaknya onsen yang ada, wajib banget untuk mampir ke Misaki no Yu Shakotan Onsen. Kalau biasanya onsen terletak di daerah pegunungan dan dikelilingi pepohonan, beda ceritanya dengan onsen yang satu ini. 

Misaki no Yu Shakotan Onsen menawarkan sensasi tersendiri yang belum tentu ditawarkan oleh tempat lainnya, yaitu letaknya di pinggir laut dan menyajikan pemandangan Laut Jepang yang luar biasa. Kalau cuaca sedang bagus, bahkan kita bisa menikmati indahnya sunset di permandian air panas terbuka ini. Duh, wajib banget kesini deh! ♥ 

Saat musim panas, Misaki no Yu Shakotan Onsen ini buka dari pukul 10.00 sampai 21.00 dengan last entry pukul 20:30. Untuk menikmati sensasi onsen dengan pemandangan Laut Jepang ini kamu harus merogoh kocek sebesar ¥610, sedangkan untuk anak-anak berusia 6-11 tahun tarifnya ¥310, dan bebas biaya masuk untuk anak-anak dibawah 6 tahun. Untuk menuju ke onsen ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari Stasiun Otaru dengan bus.

Alamat: 212-1 Nozuka-cho, Shakotan-cho, Hokkaido 〒046-0325
Tel: +81 (0)135-47-2050

5.  The Shakotan Soran Mikaku Festival


Menghabiskan liburan musim panas di Jepang rasanya ga akan lengkap kalau belum datang ke festival atau biasa disebut dengan matsuri. Yup, berbagai festival selalu diadakan di Jepang untuk menyambut musim panas. Setiap hari Minggu terakhir di bulan Juni, Shakotan Soran Mikaku Festival diadakan di Bikuni Shrine. Selama festival berlangsung, disediakan kuali besar berisi kudapan dari bulu babi yang akan disajikan untuk semua orang. Shakotan Soran Mikaku Festival ini ditutup dengan pertunjukan kembang api di malam hari. 


Tak lama setelah Shakotan Soran Mikaku Festival, Bikuni Shrine akan mengadakan Fire Festival ditanggal 5 dan 6 Juli. Pada Fire Festival ini, sebuah patung Tengu yang besar akan dilewatkan dalam kobaran api sebagai simbol dari ritual penyucian Shinto.

Alamat: Azaosawa 230-banchi, Oaza Bikunicho, Shakotan-cho, Hokkaido 〒046-0201
Tel: +81 (0)135-44 -210


Jalan-jalan ke Shakotan rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan khas Shakotan yaitu bulu babi. Hidangan bulu babi sangat populer di Shakotan dan bahkan banyak diminati oleh turis. Bahkan banyak turis yang rela jauh-jauh datang ke Shakotan untuk menikmati makanan khas musiman ini. Yup, nelayan di Shakotan hanya memancing bulu babi pada bulan Juni sampai akhir Agustus saja lho! Pastinya hidangan bulu babi ini menjadi makanan khas Shakotan pada musim panas.

Hidangan bulu babi ini bisa dinikmati dengan berbagai macam cara memasaknya, mulai dari mentah, dibakar, bahkan disajikan dalam unidon. Seperti donburi lainnya, unidon adalah nasi putih yang disajikan didalam mangkok dengan topping bulu babi yang direbus ataupun mentah diatasnya. Unidon biasanya disajikan dengan sup miso dan salad sebagai pelengkap, tidak lupa dengan shoyu sebagai sausnya. Pastinya seporsi unidon akan membuat perut menjadi hangat dan kenyang, yummy! Berbagai hidangan bulu babi bisa ditemukan di beberapa restoran dekat pelabuhan perikanan di Shakotan, seperti di Bikuni, Irika, dan Yobetsu. 

Salah satu restoran yang menyajikan unidon di Irika adalah Shakotan Cuisine Inn Rinkoso. Seporsi unidon bisa dinikmati dengan harga sekitar ¥2,600 per porsinya. Selain unidon, restoran ini juga menyediakan hidangan donburi dengan topping seafood lainnya lho!

Alamat: Azasawa 57-1, Oaza Irikacho, Shakotan-cho, Hokkaido 〒046-0327
Tel:  +81 (0)135-45-6030

Sebelum kembali ke Tokyo, ga ada salahnya kalau berwisata kuliner di Sapporo terlebih dahulu. Yang wajib dicoba saat berwisata kuliner di Sapporo adalah ramen, hidangan mie ini sangat familiar dan merupakan ikon makanan khas Jepang. Perlu diketahui bahwa ramen berasal dari 3 kota di Jepang, yaitu Fukuoka, Fukushima dan Sapporo. Nah pastikan untuk mampir ke Sapporo Ramen Yokocho atau yang biasa disebut sebagai Ramen Alley ya! Ramen Alley yang terletak di Susukino ini terkenal sebagai tempat lahirnya miso ramen. 

Sejak tahun 1951, 8 restoran ramen mulai beroperasi di gang ini dan terus bertambah hingga 17 restoran sampai sekarang. Hal itu menjadikan Ramen Alley ini menjadi bersejarah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk lokal maupun turis. Semua restoran di Ramen Alley ini banyak yang buka sampai tengah malam lho! Jadi ga perlu khawatir lagi deh kalau kelaparan tengah malam hehe.

Sama seperti restoran lainnya di Jepang, pemesanan makanan dilakukan dengan vending machine. Nanti tiket yang keluar di mesin tersebut ditunjukkan kepada pelayan restoran dan tinggal tunggu makanannya datang. Untuk mendapatkan semangkok ramen di Ramen Alley, harganya berkisar ¥700 sampai ¥1,300 tergantung restorannya. Ga perlu ragu lagi mau makan ramen di restoran yang mana, karena semuanya enak dan recommended!

Alamat: No. 11 Greenville, 3 Chome, Minami 5 Jonishi, Chuo-ku, Sapporo-shi, Hokkaidō 〒064-0805
Website: http://www.ganso-yokocho.com


Duh jadi pingin terbang ke Hokkaido jadinya! Nah jangan khawatir, buat kamu yang ga mau ribet pesen tiket dan nyusun itinerary ke Hokkaido mending pesan paket travel di H.I.S. aja! Kenapa harus H.I.S.H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional, serta berbagai produk yang dapat memudahkan wisatamu seperti tiket theme park, JR Pass, Wi-Fi, dan lainnya. Apalagi kalau tujuannya ke Jepang, banyak banget deh promo menarik yang ditawarkan oleh H.I.S. yang pastinya ga bisa ditemukan di travel agent lainnya. Kenapa ga pake travel agent lain aja? Eitss karena H.I.S. punya 5 kelebihan ini dibanding dengan travel agent lainnya:

1. Kenyamanan Servis

H.I.S. bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalananmu mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah! Silahkan bertanya dan konsultasi, staff H.I.S. selalu setia melayanimu.

2. Global Network Mendukung Keamananmu

H.I.S. memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalananmu. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga kamu kembali ke Indonesia!

3. Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri

Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan.

4. Unggul dalam Individual Tour

H.I.S. menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan customer. H.I.S. dapat menyusun perjalananmu mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang kamu butuhkan! H.I.S. juga membantu mengurus visa. Segala prosedur untuk pembuatan visa bisa kamu serahkan kepada H.I.S.!

5. Unggul untuk Perjalanan ke Jepang

Jelas lah! Karena H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang, kamu bisa reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!


Mau pergi ke Hokkaido? Gampang banget! H.I.S. punya layanan baru yaitu HAnavi. Apa itu HAnaviHAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik plus hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Biar makin yakin, ini dia kelebihan HAnavi yang belum tentu bisa kamu temukan di travel agent lainnya: 

1. Hemat waktu

Ke Hokkaido memang bisa ditempuh dengan kereta, tapi kalau dipikir-pikir ongkosnya bisa habis sama seperti naik pesawat lho! Perbandingan waktu yang ditempuh juga lumayan, kalau naik pesawat lumayan waktunya ga akan habis di jalan dan jadwal penerbangannya juga bisa dipilih.

2. Paket tiket + hotel super murah

Ga perlu repot booking tiket dan hotel di website terpisah. Nyatanya beli tiket dan booking hotel secara 'ketengan' belum tentu murah lho! Dengan HAnavi, dijamin deh kamu akan mendapatkan penawaran harga terbaik dibanding beli 'ketengan'.

3. Beragam pilihan tiket dan hotel

Nah daripada bingung pilih-pilih pesawat dan hotel sendiri, mending langsung serahkan ke ahlinya yaitu HAnavi yang lebih berpengalaman. Ga perlu repot dan tinggal langsung terbang doang!

Ga percaya? Buruan deh cek website H.I.S. dan cari tau paket menarik HAnavi! Dengan HAnavi, kamu ga perlu repot mikirin itinerary dan transportasi dari Tokyo ke Sapporo. Tinggal pesen dan terima beres! :)

Nah daripada ketinggalan info dan promo menarik dari H.I.S., pastikan kamu like Facebook page H.I.S. ya!

Facebook

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

These beautiful photos were taken by John Matthews.

Thank you for reading, have a nice day! ;)