Penggunaan toner (atau beberapa menyebutnya dengan lotion) dalam rutinitas skin care ini ga kalah penting dibanding skincare lainnya. Pasalnya toner merupakan skincare pertama yang wajib digunakan setelah cleansing. Toner atau lotion berfungsi mengembalikan kelembaban kulit yang hilang setelah cuci muka dan mempersiapkan kulit untuk menyerap skincare selanjutnya. Aku sendiri ga pernah skip untuk pakai toner. Walaupun kadang-kadang males aplikasi skincare yang berlapis-lapis, tapi toner ga pernah terlewatkan olehku. Untuk toner, aku lebih suka dan pilih toner yang water based dan bisa menghidrasi kulitku dengan baik. Salah satu toner favoritku adalah Hatomugi Skin Conditioner.

Pertama kali aku tahu Hatomugi Skin Conditioner ini waktu aku pergi ke Jepang tahun lalu. Saat aku counter visit bersama Pias Corp Japan, aku diperkenalkan dengan salah satu brand mereka yaitu Hatomugi. Karena Hatomugi saat itu belum masuk ke Indonesia, akhirnya aku borong beberapa botol sebagai stok untuk aku coba. Tapi jangan khawatir, Hatomugi sekarang sudah hadir di Indonesia sejak akhir tahun 2016 kemarin. Jadi ga perlu beli jauh-jauh ke Jepang lagi deh!

Hatomugi adalah skin conditioner yang mengandung extract herbal, berguna sebagai penyejuk kulit dan menormalkan siklus sel-sel kulit. Memang di kemasan Hatomugi Skin Conditioner ini ga tertulis kalau ini adalah toner, tapi aku menggunakan Hatomugi ini sebagai toner. Ga cuma untuk wajah, Hatomugi ini juga bisa digunakan di tubuh lho. Serba guna banget kan! Hatomugi ini juga sudah banyak dipercaya oleh wanita Jepang, buktinya Hatomugi ini sering menang @cosme Award.

Hatomugi (atau Job’s tears dalam Bahasa Inggris) telah lama disebut sebagai ‘tanaman bagi kehidupan dan kesehatan’, biasanya lebih banyak dikonsumsi sebagai teh untuk kesehatan atau jamu (Jali-Jali). Mengandung bahan yang efektif untuk mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bintik-bintik noda dan penuaan kulit. 

Cara pakainya pun gampang dan bermacam-macam:
1. Tuang ke kapas dan tepuk-tepuk secara lembut ke wajah.
2. Tuang ke telapak tangan dan langsung tepuk-tepuk secara lembut ke wajah.
3. Dijadikan sebagai masker dengan menggunakan kapas tipis atau mask sheet.
4. Pindahkan ke botol spray dan langsung semprotkan ke wajah.

Dari berbagai cara diatas aku lebih suka menggunakan cara nomer 4 yaitu dengan botol spray. Karena aku anaknya irit dan ga mau rugi kapas apalagi kalau ada toner yang tersisa di kapas menurutku menggunakan botol spray lebih efektif daripada cara yang lain. Cukup di semprot secukupnya dan biarkan Hatomugi meresap, atau bisa dibantu dengan tepukan yang lembut. Nah apalagi kalau dipakai di tubuh, akan lebih gampang kalau pakai botol spray yang cukup disemprot aja. Kebayang ga mau berapa kapas yang habis kalau diaplikasikan ke tubuh, kalau dituang langsung takutnya juga akan tumpah. 

Hatomugi tersedia hanya dalam 1 ukuran yaitu 500 ml. Kalau pemakaian rutin dengan botol spray untuk wajah dan tubuh, 1 botol ini bisa habis dalam waktu sekitar 3 bulan. Irit banget kan! Alasan lain kenapa aku lebih suka pakai botol spray karena tutup botol Hatomugi ini berupa tutup ulir, jadi agak susah untuk control saat tuang ke kapas atau tangan. Selain itu aku juga sering bawa saat traveling, jadi aku pindahin isinya ke botol spray supaya lebih gampang dibawa berpergian. 

Yang aku suka dari Hatomugi Skin Conditioner ini cepat menyerap di kulit. Teksturnya seperti air, ringan banget dan ga lengket di kulit. Kulitku jadi tetap lembab dan terhidrasi, selain itu aku juga merasa kalau layering skincare selanjutnya jadi lebih terserap dengan baik. Kulit tubuhku juga jadi makin halus dan kenyal. Suka banget deh 💖

Selain sebagai toner dan digunakan di tubuh, aku juga suka pakai Hatomugi Skin Conditioner ini sebagai face mist. Apalagi aku kemana-mana selalu naik ojek dan kendaraan umum, kalau wajahku berasa gerah, tinggal semprot aja deh Hatomugi ke wajah. Langsung seger dan wajahku ga terasa panas lagi, efek soothingnya beneran juara deh!

Pro:
+ Teksturnya ringan
+ Cepat meresap di kulit 
+ Multi fungsi
+ Menghidrasi kulit dengan baik
+ Membuat kulit menjadi lembab, lembut, dan kenyal
+ Harganya terjangkau

Con:
- Hanya tersedia 1 ukuran

Kalau kamu penasaran pingin coba, Hatomugi Skin Conditioner ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar IDR 98,500 yang tersedia di SOGO, Guardian, Papaya atau bisa dibeli via online di VIP Plaza, Perfect Beauty, Nihonmart, Elevenia, dan Sociolla. Aku lebih menyarankan untuk beli di Guardian, karena beberapa kali di Guardian suka diskon dan free botol spray kecilnya. Kalau di tempat lain aku belum pernah liat ada diskon atau free botol spray sih hehe. Tapi supaya lebih update dengan promo dari Hatomugi, pastikan kamu follow social medianya ya!

Facebook  

Thank you for reading, have a nice day! ;)