Punya kulit yang kencang, lembab dan sehat bisa didapatkan dengan menggunakan skincare yang tepat secara rutin. Apalagi kalau tiap harinya menggunakan makeup, penting banget untuk membersihkan makeup terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare. Bagi yang punya kulit sensitif, mungkin agak gampang-gampang-susah untuk menemukan jodoh skincare yang cocok. Belakangan ini aku lagi pakai skincare yang cocok untuk kulit sensitif dan andalan para dokter kulit atau dermatologist, yaitu Eau Thermale Avène Tolérance Extrême Cleansing Lotion dan Eau Thermale Avène Tolérance Extrême Cream.


Buat yang masih asing dengan Avène, produk ini berasal dari Paris dan sudah dipercaya sejak abad ke-18. Kandungan Avène Thermal Spring Water sudah ada sejak jaman dahulu dan dikenal memiliki khasiat yang dapat menenangkan (soothing) & melembutkan kulit yang sensitif. Jadi buat yang punya kulit sensitif, Avène bisa jadi jodoh untuk kulitmu. Ga percaya? Sudah banyak lho dermatologist yang mempercayakan Avène sebagai produk wajib yang digunakan di kliniknya.

Sebelumnya aku pernah cobain salah satu produk Eau Thermale Avène Micellar Lotion dan sudah aku review di blogku. Pada tanggal 30 April 2017 kemarin, aku diundang oleh Clozette ke acara “Sweet Afternoon Beauty Talk & Makeup Demo with Avène” dan berkesempatan untuk mencoba produk Avène lainnya yaitu Avène Tolérance Extrême. Kehadiran produk terbaru dari seri Tolerance Extreme ini merupakan inovasi terbaru dari Avène khususnya bagi pemilik kulit sensitif sampai dengan hypersensitif. Di Indonesia sudah banyak dermatologist yang menggunakan produk ini kepada pasien mereka khususnya setelah tindakan dermatologist seperti laser, chemical peeling, dan tindakan lainnya yang mengakibatkan kulit iritasi kemerahan atau iritasi karena alergi.

Sebenarnya kulit wajahku ini cenderung berminyak dan kombinasi, tapi akhir-akhir ini kondisi kulitku berubah jadi kering dan cenderung sensitif. Makanya untuk menggunakan skincare yang biasa aku pakai untuk kulit berminyak pun hasilnya ga terlalu optimal, jadi aku perlu skincare khusus untuk kulit yang sensitif. 

Eau Thermale Avène Tolérance Extrême Cleansing Lotion


Bagiku, cleansing itu penting banget dalam merawat wajah. Ga cukup dengan double cleansing, kadang aku pun sampai triple cleansing. Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion ini merupakan pembersih wajah berupa lotion yang bisa membersihkan wajah tanpa harus dibilas air lagi. Solusi banget deh buat yang males cuci muka kalau sudah malam! Hahaha

Petunjuk cara pakainya pun berbeda-beda di tiap kemasan tube, box, dan kertas petunjuk. Jadi biasanya aku menggunakan Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion ini sebagai pengganti facial wash. Untuk urutannya Avène Micellar Lotion → Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion → Toner → Serum → Avène Tolerance Extreme Cream (ini urutan kalau lagi males pakai skincare, biasanya urutannya lebih panjang karena ada exfoliating, eye cream, sleeping mask, dll).

Untuk teksturnya sangat ringan dan mudah dibaurkan. Cara menggunakannya cukup aplikasikan secara rata ke wajah dan leher, lalu pijat lembut dengan gerakan memutar. Kemudian tepuk perlahan dengan tissue atau kapas, jangan digosok. Yup, sesimple itu dan ga perlu dibilas! Kalau wajahmu dalam keadaan menggunakan makeup, sebaiknya bersihkan dulu wajahmu dengan micellar water atau makeup remover lainnya. Menurut kertas petunjuk, setelah tepuk-tepuk dengan kapas atau tissue dilanjutkan dengan Avène Thermal Spring Water Mist. Tapi karena aku ga punya face mistnya jadi langkah terakhir ini aku skip hahaha. 

So far selama pemakaian Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion ini sih aku ga ada masalah sih, kulitku ga bereaksi negatif sama cleansing lotion ini. Cuma ya entah kenapa kalo ga kena air aku tetap merasa ga resik gitu, maklum lah anaknya clean freak hahaha. Jadi akhirnya aku pakai cleansing lotion ini setelah facial wash. Urutannya berubah jadi Avène Micellar Lotion → Facial Wash → Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion → Toner → Serum → Avène Tolerance Extreme Cream. 

Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion ini emang lebih cocok untuk orang yang males membersihkan wajah. Sebenarnya cleansing lotion ini cocok banget untuk dibawa traveling, tapi untuk kemasannya yang bulky berukuran 200ml ini not travel-friendly. Yah semoga kedepannya Avène akan mengeluarkan ukuran 100ml :)

Kalau kamu penasaran, Avène Tolerance Extreme Cleansing Lotion ini bisa kamu dapatkan dengan harga IDR 506,000.

Eau Thermale Avène Tolérance Extrême Cream


Penggunaan cream juga ga kalah penting lho, karena dengan menggunakan cream bisa membuat kulit wajah menjadi lebih lembab dan sehat. Avène Tolerance Extreme Cream ini merupakan pelembab wajah yang berfungsi melembabkan dan menenangkan wajah. Cream ini sangat kaya akan kandungan Avene Thermal Spring Water dan mengandung 10 ingredient active, jadi sangat cocok untuk kulit sensitif.

Sama seperti cream pada umumnya, Avène Tolerance Extreme Cream ini digunakan saat tahap terakhir skincare atau sebelum sleeping mask. Tekstur cream ini mirip dengan cleansing lotionnya, sangat ringan, mudah dibaurkan, dan cepat menyerap di kulit. Yang paling penting, cream ini ga membuat wajahku jadi berminyak.

Avène Tolerance Extreme Cream ini juga ga ada reaksi negatif ataupun bermasalah di kulitku. Setelah rutin menggunakan cream ini aku merasa kulit wajahku jadi lebih lembab dan sehat. Yang paling penting kemasannya berukuran 50ml dan travel-friendly, jadi cocok banget untuk dibawa traveling ke negara yang cuacanya dingin.

Kalau kamu penasaran, Avène Tolerance Extreme Cream ini bisa kamu dapatkan dengan harga IDR 486,000.

Dari packagingnya, kedua produk Avène Tolérance Extrême ini memiliki kemasan yang berbeda dari produk skincare lainnya. Tutup flip top dilengkapi dengan kemasan yang kedap udara dan bakteri, berfungsi untuk melindungi isi dalam tube agar terhindar dari kontaminasi udara luar. Jadi walaupun tutup flip topnya ga tertutup rapat tapi isi dalam tubenya akan tetap steril dan aman untuk digunakan. 

Pro:
+ Melembabkan kulit
+ Teksturnya ringan
+ Cocok dan aman untuk kulit sensitif
+ Kemasannya steril dan kedap udara

Con: 
- Bit pricey :)

Semua produk Avène ini bisa kamu temukan di Watsons, Guardian, Metro, Galleries Lafayette, Jayanata, maupun Sociolla. Nah untuk selalu update info dan promo dari Avène, pastikan follow social medianya ya!

Facebook | Twitter | Instagram

Thank you for reading, have a nice day! ;)