Sekedar mau berbagi pengalaman untuk mengurus visa ke Jepang. Aku dan abangku tahun ini berencana untuk liburan ke Jepang bulan Mei nanti. Salah satu faktor penghambat yang membuat kita maju-mundur untuk beli tiket pesawat  itu visa. 

Waktu itu aku telpon salah satu travel agent untuk nanya-nanya tiket promo. Trus sekalian aja aku tanya susah ga sih untuk apply visa. Aku kaget banget saat travel agent bilang minimal harus ada tabungan yang mengendap sebanyak 30 juta (nominal ini katanya kalo mau visa diurus oleh travel agent supaya aman dan di-approved oleh Kedubes). Dan dia bilang untuk lengkapnya bisa cek di website Kedubes Jepang.


Dan saat aku buka webnya ternyata lampiran datanya banyak bangeeeeet :( Mulai dari formulir data diri, surat undangan, rekening koran 3 bulan terakhir, tiket pesawat, booking hotel blablabla masih banyak lagi deh. Sempet hopeless juga sih karena ga sanggup untuk lengkapin data-data yang dibutuhin, keburu males liat perintilan yang ribet dan rekening musti ada uang 30 juta. 

Akhirnya temen kantorku kasih saran, kalo ga mau ribet mending bikin visa waiver aja. Visa waiver adalah visa yang didapatkan WNI yang memiliki epaspor. Dari pertengahan tahun lalu memang sempet heboh pemberitaan mulai tahun 2015 Jepang membebaskan visa untuk WNI dengan syarat memiliki epaspor. Mungkin ada beberapa yang menganggap kalo udah punya epaspor, dia jadi bebas visa dan bisa keluar masuk Jepang. Salaaaah! Maksudnya visa waiver ini bukan bebas visa, tapi gratis. Beda sama visa biasa yang bayar sekitar 300 ribu itu.

Akhirnya aku ganti paspor lamaku dengan epaspor. Aku ngurus epasporku di Kanim Jakarta Selatan dan jadi dalam 1 minggu (5 hari kerja). Setelah epasporku jadi, besoknya aku ke Kedubes Jepang untuk daftar visa waiver. Formulirnya beda dengan visa biasa. Untuk visa waiver formulirnya cuma 1 lembar yang isinya biodata aja, dan ga butuh perintilan kayak tiket pesawat dan lainnya. Aku sampe make sure berkali-kali petugas Kedubes dan diyakinkan formulir visa waiver ya hanya selembar itu aja. Keesokan harinya, epaspor aku sudah bisa diambil. Gratis! Ga perlu bayar apa-apa lagi. Langsung deh aku buka epasporku, senengnya bukan main saat liat ada stiker visa waiver yang nempel disana. Kata petugasnya kalo apply visa waiver pake epaspor sudah pasti 100% bakal di-approved!

Buat yang berencana ke Jepang dan baru  pertama kali, lebih baik bikin epaspor aja supaya bisa dapet visa gratis dan ga ribet urusnya. Dan denger-denger nih, kedepannya akan banyak negara yang membebaskan visa untuk WNI dengan syarat memiliki epaspor. Emang sih biaya epaspor mahal, tapi kalo makin banyak negara yang membebaskan visa nantinya kenapa ga? :)

Aku merasa tertolong banget dengan adanya visa waiver ini. Bikinnya gampang, prosesnya cepat, pasti approved, dan gratis!

Semoga info yang aku kasih ini bermanfaat ya. Have a nice day! ;)